Penyebab Ponsel Panas dan Bagaimana Mengatasinya

Masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah ponsel yang overheat. Penyebabnya beragam, mulai dari baterai, prosesor, hingga layar.

Dilansir dari infomastah.com, berikut ini adalah 5 penyebab ponsel mengalami overheat yang perlu anda ketahui.

1. Kebanyakan main game

Sering main game lupa waktu? Yup, banyak orang melakukan dan mengalaminya. Mulai sadar waktu ponsel sudah panas dan gak enak dalam genggaman.

Main game dalam waktu lama membuat prosesor bekerja keras, khususnya grafis dan menyebabkan smartphone menjadi panas.

2. Streaming kelamaan

Sama dengan saat bermain game, nonton Youtuba ataupun Netflix dalam waktu yang lama dapat membuat prosesor smartphone bekerja keras karena harus memproses atau rendering video dan layar yang tetap menyala dalam rentang waktu yang lama.

3. Pengaturan tidak optimal

Pakai brightness terlalu cerah? pakai live wallpaper? atau pakai widget terlalu banyak? Beberapa hal di atas berdampak besar terhadap penggunaan resource di smartphone anda. Coba dicek dan diatur ulang ya.

4. Faktor lingkungan

Salah satu faktor lingkungan di sini adalah meletakkan ponsel pada tempat yang terpapar sinar matahari. Hal ini bisa membuat layar smartphone anda menjadi kurang sensitif dan bikin baterai kalian lebih cepat habis.

5. Update

Software dari smartphone yang bermasalah juga dapat membuat ponsel anda cepat panas. Meskipun jarang kejadian, namun ponsel juga bisa menjadi cepat panas karena ada bug pada OS yang perlu mendapat pembaruan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Hal paling simpel dan paling pertama perlu anda lakukan jika ponsel anda mengalami overheat adalah melepaskan sarung atau case yang biasanya memerangkap panas pada ponsel anda.

Setelah itu, anda bisa mengaktifkan mode pesawat supaya menghentikan semua fitur yang menggunakan daya baterai secara boros seperti sinyal, bluetooth, WiFi, ataupun aplikasi-aplikasi yang bergantung pada internet untuk beroperasi.

Jangan sekali-sekali berpikir untuk memasukkan ponsel anda ke dalam kulkas untuk menurunkan suhu ponsel, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius akibat terpapar suhu yang ekstrim. Anda bisa menggunakan kipas untuk membantu menjaga suhu ponsel agar mengalami overheat.

This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.